biografi Tom Holland
Thomas Stanley Holland (1 Juni 1996) lebih dikenal sebagai Tom Holland, adalah seorang aktor dan penari. Ia lahir di Upon Thames, Kingston, Inggris. Dia adalah anak tertua dari empat bersaudara. Keluarganya terdiri dari seniman: ibunya Nicola adalah seorang fotografer, dan Dominic adalah seorang komedian dan penulis. Holland bersekolah di SMA Donhead, Wimbledon College dan BRIT School for Performing Arts and Technology di Inggris. Tentu saja, perkembangan akademiknya tidak maksimal karena penyakit yang dideritanya sejak usia 7 tahun, bernama disleksia. Ini mengurangi kemampuan sistem kognitif. Thomas merasakan ketertarikan yang besar pada tarian tersebut, maka Holland mulai menghadiri kelas hip-hop di Nifty Feet Dance Studio, yang pemiliknya adalah Lynne Page.

Penampilannya sangat bagus sehingga dia link baccarat membantu membuat koreografi film hit Billy Elliot (2000). Dia diperkenalkan ke Richmond Dance Festival pada tahun 2006. Page termotivasi mengirim muridnya ke audisi Billy Elliot, musikal. Dalam acara peringatan lima tahun Musical Billy Elliot, Holland diundang ke Downing Street untuk bertemu dengan Perdana Menteri Gordon Brown. Di sana ia membuat lukisan sebagai solois. Memang, itu membuat penonton bingung, sampai Elton John, penulis soundtrack musik, menilai penampilan Holland sebagai pertunjukan yang mengesankan.

Tanpa banyak pengalaman dan pengalaman dalam balet dan teater, Tom Holland tidak mengesankan sebagian besar penilai bakat dalam audisi tersebut. Namun, dia mengesankan sutradara musikal, Stephen Daldry, yang terpesona oleh kemampuan alami dan penampilan panggungnya. Berjuang demi mimpinya, dia berlatih kelas balet selama dua tahun. Thomas memulai debutnya dengan produksi West End pada Juni 2008 sebagai sahabat Billy, Michael. Segera ia memperoleh peran utama dan memikat penonton dengan kemampuannya untuk akrobat dari penampilan pertama hingga terakhir, pada Mei 2010.

KARIR FILM

Holland membuat debut filmnya pada tahun 2012 di The Impossible. Drama ini mengikuti liburan keluarga di Thailand ketika tsunami Samudra Hindia tahun 2004 menghancurkan negara itu. Holland mendapat pujian kritis atas perannya sebagai putra tertua yang berusaha membantu ibunya yang terluka dan menemukan anggota keluarganya yang lain. Juga pada tahun 2012 ia mulai bersekolah di BRIT School, sebuah sekolah pertunjukan dan seni kreatif terkemuka di London.

Holland selanjutnya berperan dalam drama aksi How I Live Now (2013). Pada 2015 ia muncul di miniseri Inggris Wolf Hall, berlatar abad ke-16 pada masa Raja Henry VIII, dan dalam film petualangan aksi In the Heart of the Sea. Pada tahun yang sama diumumkan bahwa Holland akan bergabung dengan Marvel Cinematic Universe, memerankan Peter Parker dan alter egonya Spider-Man.