Rahasia Sukses Jack Ma Dalam Berbisnis

Rahasia Sukses Jack Ma – From Zero to Hero , mungkin menjadi ungkapan yang tepat disematkan pada Jack Ma dalam perjalanan karir berbisnisnya. Di balik kesuksesannya sebagai founder atau CEO dari alibaba.com , Jack Ma telah menghadapi banyak permasalahan dalam mencapai kesuksesannya.

Awal perjalanan, Jack Ma sangat relevan dengan kehidupan banyak masyarakat. Hal inilah yang membuat banyak orang terinspirasi untuk sukses berbisnis seperti Jack Ma. Selama perjalanan karirnya , Jack Ma menerapkan beberapa hal agar sukses berbisnis. Penasaran apa saja ? Yuk langsung saja kita simak rahasia sukses Jack Ma dalam berbisnis berikut ini.

Berani Bermimpi Besar

Untuk mendapatkan kesuksesan , kalian harus berani bermimpi besar juga. Jack Ma kala itu ingin menjadi nomor satu di dunia dalam bisnis yang ia geluti. Namun tentu untuk merealisasikan impian tersebut kalian butuh juga yang namanya usaha dan kerja keras.

Dikutip dari Forbes , Jack Ma mau bersusah payah belajar berbagai hal untuk memulai Alibaba. Walaupun telah berhasil , namun ia masih tetap belajar. Menurutnya , belajar setiap hari bisa membantu mengembangkan diri dan bisnisnya.

Fokus Pada Pelanggan

Jack Ma selalu memprioritasikan kepuasan dari para pelanggannya. Ia selalu memberikan apa yang paling dibutuhkan oleh para pelanggannya. Baginya , hal ini merupakan investasi jangka panjang yang sangat menjanjikan.

Tidak peduli siapa dan apa yang telah dibuat oleh kompetitor kalian , kebutuhan pelanggan harus tetap menjadi fokus utama kalian. Lihat apa yang paling dibutuhkan oleh para pelanggan , dan coba untuk mengembangkan hal tersebut.

Bagi Jack Ma , fokus pada kompetitor tidak akan menghasilkan hal yang berguna melainkan fokus pada kepuasan pelanggan dan bisnis akan membuat bisnis kalian berkembang dengan sendirinya.

Pantang Menyerah

Ada banyak sekali kegagalan yang dialami oleh Jack Ma dalam kehidupannya. Mulai dari gagal masuk https://51.161.148.99/ universitas impiannya hingga ditolak oleh puluhan perusahaan ketika melamar pekerjaan. Namun kegagalan yang ia alami bukan berarti ia harus menyerah pada mimpinya. Ia menganggap jika kegagalan adalah sebuah pelajaran yang bisa membuatnya lebih siap menghadapi rintangan di masa yang akan datang.

Tetap Rendah Hati

Walaupun sudah diakui sebagai salah satu orang terkaya di dunia , Jack Ma masih memiliki sifat rendah hati yang membuatnya disukai oleh banyak orang. Buktinya , ia menganggap kompetitor yang jauh di bawahnya sebagai teman seperjuangan. Ia menganggap ada banyak hal yang bisa didapatkan dari kompetitornya. Berteman dengan kompetitor dan sharing pengalaman, bisa menambah pengetahuan kalian dalam berbisnis.

Cepat Berpuas Diri

Terlalu cepat atas kesuksesan yang telah diraih bisa menjadi racun untuk kalian. Seperti misalnya perusahaan Nokia dan Yahoo!. Kedua perusahaan ini sudah sangat terkenal di awal tahun 2000-an , namun karena sudah merasa puas mereka tidak memiliki inovasi lagi untuk membuat perusahaannya terus berkembang. Alhasil , keduanya tergeser oleh pesaing yang mau berinovasi dan mengikuti perkembangan pasar. “don’t believe you’ll be good all the time. Be paranoid.” Terus gali potensi yang ada di dalam diri kalian agar bisa terus berkembang.